Jumat, 17 Maret 2017

Pembukaan LKMM-TD FT ULM 2017

Semangat Pagi!!!    
Pagi!!!


"SATU SINERGI MENUJU TEKNIK BERINTEGRITAS"

Pagi ini, tidak seperti pagi biasanya. 11 Maret 2017, Yaa ... Tidak seperti hari lainnya, sekitar pukul 05.45 WITA aku dan beberapa teman lainnya sudah bersiap berangkat menuju Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat. Oiyaa, sebelum bercerita lebih banyak, ada baiknya jika aku perkenalkan lagi tentang diriku, dirimu, dirinya juga perasaan diantara kita. Wkwkk #GaJelas

Teman-teman perkenalkan namaku Muhammad Josi Kumbara akrabnya panggil saja Josi atau Sayang atau Cinta. Aku adalah mahasiswa yg masih aktif di Universitas Lambung Mangkurat, lebih tepatnya aku sekarang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Teknik ULM dengan program studi yang aku pilih yaitu Teknik Lingkungan ... Bringas!!! Hehee... Kenapa "Bringas" aku juga tidak tau, yang pasti itu adalah jargon program studiku yang membuat kami bersemangat setiap nama Teknik Lingkungan disebut. Wkwkk ...

Oke, langsung saja, tidak seperti postinganku yang lainnya, kali ini aku akan berbagi pengalaman  mengenai kegiatan yang baru-baru saja aku ikuti. Mungkin dari beberapa teman sekalian sudah ada yang tau, kalau dalam dunia perkuliahan kita dituntut untuk tidak hanya menjadi mahasiswa yang aktif dibidang akademik, namun juga harus ikut berperan dibidang nonakademik/keorganisasian. Yaa ... Tidak salah lagi, kegiatan yang aku ikuti kali ini adalah kegiatan yang berhubungan dengan hati dan perasaanku yang sudah lama kau diamkan keorganisasian yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Untuk tulisan selanjutnya sepertinya akan lebih baik jika aku menggunakan kata "Saya" agar lebih formal, wkwkk

"LKMM-TD FT ULM" itulah nama kegiatan yang saya ikuti. LKMM-TD sendiri adalah singkatan dari Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa dengan tema "Satu Sinergi Menuju Teknik Berintegritas" yang mana seperti saya katakan diatas tadi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah lebih dalam lagi kemampuan mahasiswa untuk menjadi seorang penikung pemimpin. Saya rasa itu adalah garis besar dari kegiatan ini. Kalau begitu mari kita flashback sedikit, hehe ... Lebih tepatnya pada saat malam persiapan LKMM-TD tersebut.

Pada malam itu, angin terasa dingin namun rasa gugup membuat kami menjadi gerah dan berkeringat, suara kecemasan dan kekhawatiran memecah keheningan malam,  banyak orang yang resah sambil menyelesaikan sebuah tugas rahasia demi menjaga keselamatan diri masing-masing. #PaanSih hahahaa ... Oke langsung saja, sebelumnya saya dan teman-teman lainnya telah diberi beberapa tugas oleh kakak-kakak BEM yaitu salah satunya untuk menuliskan kenangan tentang caraku menemukan dirimu, tentang apa yang membuatku mudah jatuh hati padamu. Kok malah nyanyi wkwkk ... Maksudnya untuk menuliskan sejarah FT ULM di buku jurnal dengan format yang telah ditentukan oleh kakak-kakak BEM. Selain itu ada banyak barang yang harus kami persiapkan seperti sendal ukir, peralatan makan, snack mengenyangkan, buku jurnal, pulpen snowman v-7, air minum, obat pribadi dan tidak lupa rambut para mahasiswa yang kembali harus menjadi korban SKI-2.

Setelah semua barang telah siap, maka saya memasukkan semuanya kedalam goodie bag PKKMB, kecuali kamu yang sampai sekarang belum bisa aku masukkan ke hatiku yang mana pada pembukaan nanti kami tidak diperbolehkan membawa tas dll. Dilanjutkan dengan mempersiapkan baju yang akan digunakan untuk pembukaan. Setelah semuanya selesai, yang seharusnya saya lakukan adalah tidur dan beristirahat, mengingat acara pembukaan akan dilaksanakan pada pagi hari dan kami dituntut berada di Fakultas Teknik ULM pada pukul 06.30 WITA. Tetapi entah kenapa, tidak ada sama sekali rasa ngantuk dimata, begitu pula dengan teman-teman yang lainnya. Alhasil kami berkumpul untuk duduk santai di salah satu mini market 24 jam terdekat.

Pagi telah tiba, setelah semua persiapan sudah dilakukan, tanpa tidur, saya dan teman-teman yang lainnya berangkat menuju FT ULM setelah sampai didepan gerbang kami disambut oleh beberapa kakak dari BEM dan disuruh untuk berkendara dengan pelan. Ada perasaan gugup saat disambut oleh kakak-kakak BEM di depan gerbang FT. Wkwkk ... Karena pada pengalaman sebelumnya lebih tepatnya saat PKKMB dengan kejadian yang sama kami disuruh untuk mendorong motor dari depan gerbang sampai keparkiran FT yang jaraknya bias dibilang lumayan. Wkwkk ... Dengan leganya saya lewat saat tidak disuruh mendorong motor seperti saat PKKMB. Tapi ternyata semuanya cuman harapan palsu -_-" Iyaa harapan palsu ... kayak kamu yang terus ngasih harapan tanpa ngasih kepastian #anjayyyy Hahaha ... Nyatanya sampai tengah jalan kami diberhentikan oleh kakak-kakak BEM dan yaa ... Tidak salah lagi, kami disuruh mendorong motor sampai keparkiran FT. LAGI -_- ... Tapi setelah saya pikir, oohh mungkin kakak-kakak BEM menyuruh kami mematikan motor dan mendorongnya adalah untuk menjaga ketenangan sekitar lokasi mengingat kami datang sangat pagi sekali. Hhehee .... PosThink aja wkwkkk :D ...

Lanjuuuuutttt, setelah selesai memarkirkan motor, saya dan teman-teman lainnnya diarahkan untuk berkumpul dan berbaris di Plaza FT ULM. Disana saya berbaris dengan kelompok yang telah ditentukan sebelumnya. Oiyaa kenalkan nama kelompok saya adalah RATU ZALEHA. Saat itu anggota kelompok yang datang baru sekitar 8 orang dari total 35 orang, lalu satu persatu anggota yang lainnya berdatangan. Saat itu sebelum upacara dimulai, kami diarahkan untuk mengecek barang bawaan kami. Disebutkanlah satu persatu barang-barang yang harus kami bawa, setiap disebutkan satu barang, kami harus mengangkat barang tersebut untuk menyatakan kami membawa barang tersebut. Jika ada barang yang tidak terbawa maka kami akan disuruh maju kedepan untuk dikumpulkan dan selanjutnya mungkin akan diberi arahan lebih lanjut oleh kakak-kakak BEM, untungnya saya sudah menyiapkan semuanya dan tidak ada barang yang tertinggal. Setelah pemeriksaan barang selesai kemudian lanjut ketahapan pemeriksaan atribut seperti baju kaos putih polos, celana hitam panjang, kaos kaki putih diatas mata kaki, sabuk hitam 3cm, sepatu hitam polos bertali dan juga tidak lupa untuk mahasiswa yaitu rambut SKI-2 Hhehee ...

Tidak lama setelah pemeriksaan selesai, upacara pembukaan LKMM-TD pun dimulai. Saat itu kami diarahkan oleh kakak-kakak agar berbaris dengan rapi di Plaza FT ULM, saat itu juga berhadir perwakilan dari berbagai Himpunan, Ormawa, BEM juga DPM Fakultas Teknik ULM.


Langsung saja, setelah selesai upacara pembukaan kami diarahkan oleh kakak-kakak dari BEM untuk menuju ruangan Aula FT ULM. Di aula kami dikumpulkan perkelompok dan disuruh duduk dengan rapi. Tidak lama kemudian acara pun dimulai. Diacara ini kami diwajibkan untuk mencatat setidaknya 200 yang disampaikan oleh narasumber pada buku jurnal yang sudah ditentukan.  Bapak Hakim selaku Wakil Dekan III Fakultas Teknik ULM membuka acara dengan memberikan beberapa materi dan penjelasan mengenai LKMM-TD. Lalu dilanjutkan dengan materi dari seorang dosen yang sangat saya kagumi yaitu Bapak Awad, beliau adalah dosen pengajar mata kuliah Pendidikan Agama Islam dan saya merasa beruntung pernah belajar dari beliau saat di semester satu dulu. Yang saya senang dari beliau cara beliau mengajar, yaitu dengan santai namun tetap serius dalam menyampaikan ilmu, setiap materi yang beliau sampaikan selalu diselingi dengan candaan dan gurauan yang membuat saya menjadi tidak bosan dan bersemangat. Beliau juga sering memberi tips dan saran saat mengajar. Beliau seperti motivator saat diruangan dan seperti teman yang sangat baik saat diluar ruangan. Saya pribadi sangat menaruh rasa hormat dan segan kepada beliau.

Setelah mendapat banyak materi dari Pak Hakim dan Pak Awad, acara selanjutnya yaitu makan-makan, Hehee ... Sekitar pukul 12.00 WITA kami diberikan waktu untuk ishoma, yang mana kami diberi makan siang oleh kakak-kakak BEM berupa nasi bungkus. ada banyak lucu yang terjadi saat makan. Mulai dari candaan teman, obrolan santai dll yang membuat kami saling akrab satu sama lain. Yaa ... Tujuan kedua dari kegiatan ini saya rasa memang untuk merekatkan hubungan kami satu sama lain. Meskipun masih ada beberapa dari kami yang canggung untuk bertegur sapa, mungkin karena belum mengenal satu sama lain. Tak kenal maka tak jadian wkwkkk ... #kodenih wkwkk

Selesai makan, kakak-kakak BEM mengarahkan kami menuju masjid terdekat untuk melakukan sholat dzuhur. Namun ada yang berbeda saat itu, yaitu kepala wkwkk ... Jadi saat itu cuacanya sangat sangat sangat cerah, dan hawanya sangat sangat sangat panas. Bayangkan ... Jadi pentol bakar tu kepala, Hhaha ...

Langsung saja, selesai sholat kami diarahkan kembali ke Aula FT untuk mengikuti rangkaian acara selanjutnya yaitu UKM Day. UKM Day adalah acara yang bertujuan mengenalkan UKM-UKM yang ada di Fakultas Teknik. Dengan sangat merasa lelah dan ngantuk saya mendengarkan penyampaian dari tiap UKM namun tentu saja tidak semua dapat perhatikan. Karena saat itu jujur saja, mata saya sangat sangat sangat ngantuk -_-" Akhirnya ada penyampaian dari beberapa UKM yang tidak saya dengarkan karena tertidur wkwkk ...

Singkat cerita, setelah semua UKM telah selesai memperkenalkan diri acara kembali diambil alih oleh kakak-kakak dari BEM. Yaitu dilanjutkan dengan pengumpulan buku jurnal, tentu saja untuk mengecek catatan kami mengenai kegiatan hari ini, apakah kami memperhatikan seluruh materi hari ini atau tidak. Berhubung saya sempat tertidur di aula, jadi tentu saja catatan saya tidak lengkap, wkwkk karena yang bisa bikin aku lengkap itu cuman kamu. #Ngawur

Selesai mengikuti semua rangkaian kegiatan hari ini, kami dipersilakan pulang. Dan mau tau apa yang saya lakukan saat pulang, tentu saja tidur. Hhahaa ...

Sekian ceritaku kali ini, mohon maaf jika membosankan hehee, karena jujur saja aku bukan penulis yang hebat terutama dalam bercerita tentang pengalaman. Tapi kalo nulis nama kamu di buku nikah bisa kok Wkwkk ...

Oiyaa cerita mengenai LKMM-TD ini tidak habis sampai disini, karena LKMM-TD sendiri terbagi menjadi beberapa hari di minggu yang berbeda selama satu bulan kedepan. Jadi, setiap rangkaian kegiatan mungkin akan aku bagikan di blog ini. Mungkin aku juga akan menambahkan label tersendiri untuk LKMM-TD di blogku.

Jadi, ikuti aja terus ceritanya, Hhehee ...

See you ...

0 komentar:

Posting Komentar