Rabu, 06 Agustus 2014

Senam Jari Untuk Bermain Gitar

Kali ini saya akan ngasih tau tips dan trik agar jari jari kalian lancar bermain gitar , khususnya untuk yang berairan fingerstyle guitar. Karena kelincahan jari sangat diperlukan dalam permainan ini , nah kalo gitu langsung aja kita akan melatih otot-otot tangan dan jari Kita walaupun tidak memainkan gitar, Kita bisa memanfaatkan beberapa alat untuk melatih otot jari dan tangan atau alat senam jari, Seperti:






Hand/Finger/Forearm Resistance Bands



Aylio memproduksi Finger bands mempromosikan kesehatan tangan (hand), jari (finger) dan lengan bagian bawah (forearm). Tersedia 5 warna yang tiap warnanya mempunyai Resistansi berbeda-beda.
Cara kerjanya yaitu dengan memasukkan tangan kedalam karet Finger Bands, setelah itu Tangan Kita gerakkan keluar, melawan Resistansi dari karet Finger Bands tersebut.
Keuntungan menggunakan Karet Finger Bands adalah:
Menguatkan Genggaman jari
Mengembalikan stamina tangan setelah terjadi luka otot
Juga berguna bagi penderita Radang sendi (Arthritis) dan penderita carpal tunnel syndrome (Sakit tulang pergelangan tangan)
Mengurangi ketegangan otot

Finger Band tidak banyak dijual di toko musik dan sport, Teman-teman bisa menggunakan karet gelang atau karet rambut untuk mendapatkan Manfaat yang sama seperti Finger Band. Tapi sepertinya tidak akan se-awet Finger Bands.

X-tensor



X-tensor mirip penggunaannya seperti Finger Band, jari-jari Kita arahkan keluar atau menarik tali yang terpasang pada setiap jari yang terhubung dengan pegas pada kotak segi empat yang terletak pada genggaman tangan.
X-tensor juga mempunyai manfaat yang sama dengan Finger Bands, tetapi pada X-tensor ini tiap jari mendapatkan beban yang sama. Kalau pada Finger Bands beban tiap jari belum tentu sama.

X-tensor juga sangat disarankan untuk melatih kesehatan dan kekuatan jari dan tangan.

Finger Weight (Pemberat Jari)



Finger Weight merupakan alat pemberat jari pada saat Kita bermain gitar. Saat latihan, jari Kita diberikan beban dan saat Kita memainkan gitar tanpa beban pasti akan lebih kuat tekanan jari pada gitar (Strenght), Lebih tangkas/cekatan (dexterity), Lebih lincah (mobility)
Selain untuk pemain gitar, Finger Weight digunakan oleh:

  • Arthritis
  • Athletes
  • Carpal Tunnel
  • Computer Users
  • Gamers
  • Hairstylists
  • Kinesthetic Feedback
  • Musicians
  • Occupational Therapy
  • Pain Management
  • Physical Therapy
GripMaster



Gripmaster merupakan alat untuk melatih jari dan tangan dalam berlatih gitar. Gripmaster merupakan alat yang paling bayak dipakai oleh pemain gitar dalam melatih jari dan tangannya.
Kalau banyak yang menggunakan, berarti memang Gripmaster terbukti efektif dalam membangun Strenght, Dexterity, Mobility tangan dan jari. Banyak para guru  dan pemain gitar merekomendasikan Gripmaster kepada pemain gitar lain untuk melatih jari dan tangannya.
Saat ini, Gripmaster yang diproduksi oleh perusahaan Pro Hand sudah tidak memproduksi Gripmaster lagi (Discontinue).
Harga kisaran 150rb dijual di Indonesia (Sangat langka)
Karena langkahnya mendapatkan Gripmaster, maka Perusahaan Planet Waves memproduksi VariGrip sebagai penggantinya.

Varigrip

Perusahaan Planet Waves yang terkenal sebagai perusahaan yang banyak memproduksi peralatan musik seperti Kabel, Strap, Tattoo/Strip Gitar, Capo, dan Hardware Gitar, kini memproduksi VariGrip.
Fitur VariGrip sbb:

Membangun dan Merawat Kekuatan dan Kelincahan Jari, Tangan, dan Lengan
Pegas yang dapat di setel kekerasannya, dapat disesuaikan dengan kondisi jari
Grip/Genggaman dibentuk Reversible/dapat dibalik sehingga dapt dijadikan simulasi untuk membantu mengembangkan dan mempertahankan kapalan jari untuk musisi yang memainkan alat berdawai.
Alat yang sempurna untuk pemanasan sebelum pementasan dan mempertahankan kekuatan dan kelenturan otot jari, tangan, dan lengan ketika Anda jauh dari instrumen.
Alat yang cocok untuk semua musisi

Berikut beberapa latihan jika Anda menggunakan VariGrip:



 

Sekian dulu guys @JossyKumbara