Rabu, 06 Agustus 2014

Penyebab Senar Gitar Perlu Diganti

Pada kesempatan kali ini saya akan menbahas tentang 5 hal yang menyebabkan senar gitar kamu perlu diganti.Sebenarnya ini hanya mengulang , karena sudah banyak banyak artikel lain yang menjelaskan hal ini. Senar adalah salah satu bagian paling penting dalam instrument musik gitar karena senar berfungsi sebagai alat untuk menghasilkan suara dan memainkan nada, tanpa senar maka alat musik seperti gitar atau bass tidak bisa dimainkan. Oke, berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan senar gitar kamu perlu diganti..



1. Senar sudah usang

Senar yang sudah usang apalagi berkarat sudah tidak enak lagi untuk dimainkan karena suara yang dihasilkan menjadi tidak merdu lagi. Dan ada beberapa hal yang menyebabkan senar gitar mudah berkarat yaitu faktor waktu dan yang kedua adalah jari-jari kita berkeringat ketika sedang memainkan gitar sehingga usahakan kita mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh gitar. Bersihkanlah juga senar gitar setiap seminggu sekali dengan mengelap-nya agar umur senar menjadi lebih lama.

2. Sudah tidak enak dimainkan 

Yang kedua adalah sudah tidak enak dimainkan lagi yaitu ketika kita sedang bermain gitar maka nada-nada yang dihasilkan menjadi tidak cocok , selain itu juga senar dipetik menjadi tidak bergema .

3. Lapisan Senar Mulai Mengelupas

Berikutnya apabila kamu melihat lapisan-lapisan terluar pada senar nomor empat sampai enam sudah mulai mengelupas maka itu adalah pertanda senar gitar kamu perlu diganti . Dan jika senar sudah banyak yang mengelupas lapisan luarnya akan membuat suara gitar menjadi fals meski sudah kamu stem dengan benar.

4. Tidak Bisa di Stem 

Jika gitar kamu sudah di stem namun senar tetap mengendur secara perlahan maka kamu harus cepat-cepat mengganti senar gitar yang tidak bisa di stem tersebut . Namun sebelum kamu memutuskan membeli senar yang baru ,cobalah untuk mengecek mur / baut pada stammer/pemutar senar apakah perlu dikencangkan lagu atau tidak. Bila hal itu sudah kamu lakukan namun senar tetap tidak bisa di stem maka senar tersebut memang perlu untuk diganti.

5.Sudah Lama

Jangan menunggu senar gitarmu putus kemudian baru membeli yang baru , namun cobalah mengganti senar gitarmu tiap periode waktu tertentu semisal dua sampai tiga bulan sekali agar suara yang dihasilkan tetap berkualitas.

Sekian dulu guys @JossyKumbara
Sumber : artikelmusik